Tingkat Kepuasan Pasien Di Era Pandemi Covid-19 Tentang Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kecamatan Kerjo Karanganyar Jawa Tengah

Authors

  • Nur Atikah Jurusan Farmasi, Politeknik Kesehatan Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Pramita Yuli Pratiwi Jurusan Farmasi, Politeknik Kesehatan Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Tiffany Aisya Febriani Jurusan Farmasi, Politeknik Kesehatan Surakarta, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31965/jfkoe.v6i1.1149

Keywords:

Kepuasan Pasien, Layanan Kefarmasian, Puskesmas

Abstract

Wabah Covid-19 telah membawa perubahan yang signifikan terhadap pelayanan kefarmasian di Indonesia, mengakibatkan meningkatnya permintaan akan fasilitas kesehatan yang berkualitas. Banyak inisiatif respon telah dilakukan untuk memenuhi harapan ini dan memberikan layanan kesehatan yang memuaskan kepada pasien. Untuk menilai kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di masa pandemi, dilakukan penelitian di Puskesmas Kerjo di Karanganyar, Jawa Tengah, dengan menggunakan lima dimensi SERVQUAL (Tangibles, Responsiveness, Reliability, Assurance, dan Empathy). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih 103 partisipan. Informasi tersebut dikumpulkan melalui survei yang telah menjalani uji Pearson product moment untuk menilai validitasnya (p<0,05). Selain itu, reliabilitas kuesioner dievaluasi menggunakan uji Cronbach's Alpha (0,941). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pasien berusia 17-25 tahun (38,8%), berjenis kelamin perempuan (76,7%), tingkat pendidikan SMA/SMK/MA (54,4%), dan bekerja sebagai petani (41,7%). Temuan mengungkapkan bahwa pasien sangat puas dengan pelayanan kesehatan di semua dimensi, dengan persentase kepuasan tertinggi dalam dimensi emphaty (85%), diikuti oleh reliability (84%), assurance dan responsiveness (82%), dan tangible (81%). Tingkat kepuasan pasien secara keseluruhan dinilai “sangat puas”, dengan rata-rata 82,2%.

References

Giusman, R., Nurwahyuni, A. 2021. Evaluasi Pelayanan Rawat Jalan RS X pada Masa Pandemi Covid-19 melalui Segmenting, Targeting dan Positioning. J Manaj Kesehat Yayasan RSDr Soetomo, 7(1), 72-77. DOI: https://doi.org/10.29241/jmk.v7i1.599

Salsabillah, M.I. 2021. Evaluasi Tingkat Kepuasan Kualitas Mutu Pelayanan Kefarmasian Pasien BPJS Kesehatan di Klinik Pratama Syifa Ar-Rachmi Slawi. Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Harapan Bersama, Tegal.

Maimunah, S., Utami, F.E., Dianti, M.R., Inayatillah, F.R. 2022. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Dinoyo Malang. Journal of Islamic Pharmacy, 7(1), 17-23. DOI: https://doi.org/10.18860/jip.v7i1.14695

Hasnur, G., Gustina, H., Asnawi, A., Basri, A., Vera, N. Analisis Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Klinik Swasta Daya Dinamika Aceh Tahun 2022. Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPNVJ 2022: UPN Veteran Jakarta.

Kemenkes RI. 2019. Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. 2020. Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas pada Masa Pandemi Covid-19. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nur Inayah, A. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian si Puskesmas Depok 1. Skripsi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Ramadhani, N.E. 2021. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Puskesmas Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Skripsi, Universitas Sanatha Dharma, Yogyakarta.

Azwar, S. 2012. Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Achamat, M. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Usia, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Dan Status Perkawinan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Pasien rawat Inap Di Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga. Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Rizqi, A.W.M. 2020. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Puskesmas Sisir Kota Batu. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim; 2020.

Isabella, N.A. 2020. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Mengenai Pelayanan Kefarmasian di Klinik Az-Zahra Lebaksiu. Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Harapan Bersama Tegal, Tegal.

BPS Kabupaten Karanganyar, https://karanganyarkab.bps.go.id/indicator/6/94/1/penduduk-umur-15-tahun-ke-atas-yang-bekerja-menurut-status-pekerjaan-utama-dan-jenis-kelamin.html (diakses pada 4 April 2023)

Yuliani, N.N., Rae, A., Hilaria, M., Takubessi, M. 2020. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Oebobo Kota Kupang Tahun 2018. J Inov Kebijak, 5(1), 41–52. DOI: https://doi.org/10.37182/jik.v5i1.49

Mahendro, U.J., Ningsih, D., Handayani, S.R. 2023. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. J Islam Pharm, 7(2), 86–93. DOI: https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17455

Prihandiwati, E,, Muhajir, M., Alfian, R., Feteriyani, R. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Pekauman Banjarmasin Terhadap Pelayanan Kefarmasian. J Curr Pharm Sci, 1(2), 63–68.

Gaghana, V., Siagian, I., Palandeng, H. 2014. Tingkat kepuasan pasien Universal Coverage terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Tuminting Manado. J Kedokt Komunitas dan Trop, 2(1), 22-26.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Atikah, N., Pratiwi, P. Y., & Febriani, T. A. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Di Era Pandemi Covid-19 Tentang Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kecamatan Kerjo Karanganyar Jawa Tengah. FarmasiKoe, 6(1), 21–27. https://doi.org/10.31965/jfkoe.v6i1.1149