The Effect of Therapeutic Communication on Patient Satisfaction Visiting the Dental Poly at UPK Siantan Hulu Health Center in 2017
Pengaruh Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepuasan Pasien Yang Berkunjung ke Poli Gigi Di UPK Puskesmas Siantan Hulu Tahun 2017
DOI:
https://doi.org/10.31965/dtj.v2i1.711Keywords:
Komunikasi Terapeutik, KepuasanAbstract
Achieving the level of satisfaction with therapeutic communication provided to patients, patients will prefer quality health services that are quality, guaranteed, and affordable. Patients or in other words are consumers is one of the most important factors in achieving the level of satisfaction in a health service. This study aims to analyze the effect of therapeutic communication on patient satisfaction who visited the dental clinic at UPK Puskesmas Siantan Hulu. This study uses a survey method, this type of research uses explanatory research with a cross sectional approach. The sample in this study amounted to 60 respondents and the research instrument used was a questionnaire sheet. The results of the study were 39 respondents (65.0%) were women and 20 respondents (33.3%) worked as housewives. With the level of respondents' satisfaction with the therapeutic communication carried out by dental nurses 44 respondents (73.3%) in the satisfied category and the attitude of dental nurses to therapeutic communication 44 respondents (73.3%) was good. The results of statistical tests using product moment correlation obtained r = .954 with /probability = 0.000. Based on the results of the study, it was obtained that the better the therapeutic communication carried out by the dental nurse, the greater the level of satisfaction felt by the patient.
Pencapaian tingkat kepuasan terhadap komunikasi terapeutik yang diberikan kepada pasien, maka pasien akan lebih memilih mutu layanan kesehatan yang berkualitas, terjamin, dan dapat terjangkau. Pasien atau kata lain adalah konsumen merupakan salah satu faktor terpenting dalam pencapaian tingkat kepuasan dalam suatu pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien yang berkunjung ke poli gigi di UPK Puskesmas Siantan Hulu. Penelitian ini menggunakan metode survey, jenis penelitian menggunakan explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden dan instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar kuesioner. Hasil penelitian terdapat 39 responden (65,0%) perempuan dan 20 responden (33,3%) bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga. Dengan tingkat kepuasan responden terhadap komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh perawat gigi 44 responden (73,3%) dengan kategori puas dan sikap perawat gigi terhadap komunikasi terapeutik 44 responden (73,3%) baik. Hasil uji statistik dengan menggunakan product moment corellation diperoleh r= ,954 dengan α/probabilitas= 0,000. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh semakin baik komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh perawat gigi maka tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien juga semakin besar.
References
Angelina, S. (2007). Analisa Teori Kepuasan Kerja. Riau: FE Universitas Riau.
Azwar, A. (1996). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: EGC.
Dahmear, (2000) Paradigma Kesehatan, Balai Pustaka. Jakarta.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2009) Pedoman Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut Puskesmas, Jakarta
Indrawati. (2003). Komunikasi Untuk Perawat. Jakarta: EGC.
Mariyono, J., Kuntariningsih, A., & Suswati, E. (2012). Ketimpangan Jender Dalam Akses Pelayanan Kesehatan Rumah Tangga Petani Pedesaan: Kasus Dua Desa Di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Soca: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/soca/article/view/4195
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Muhammad, A. (2015). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Tindakan Keperawatan. Jombang: Sekolah Tinggi Kesehatn PEMKAD Jombang.
Purwanto, S. (2007). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit (Internet). Available on http//www.klinis.com.
Relliyani. (2000). Hubungan Persepsi Mutu dan Pemanfaatan Rawat Inap Bagi Pasien Askes di RSUD Jend. A. Yani Metro. Skripsi. Universitas Sumatera Utara Medan
Singarimbun, M., & Effendi, S. (2011). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Suryawati, C., Dharminto, & Shaluhiyah. Z. (2006). Penyusunan indikator kepuasan pasien rawat inap rumah sakit di provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 9(4), 177-184.
Ulandari, H. (2011). Gambaran Kepuasan Pasien Jamkesmas dan Pasien Umum terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut. KTI, Poltekkes Kemenkes Pontianak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dental Therapist Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.