Kepuasan Pasien Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Dokter Gigi Keluarga Menggunakan Customer Satisfaction Indeks

Authors

  • Apri Adiari Manu Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Kupang, Indonesia
  • Applonia Leu Obi Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Kupang, Indonesia
  • Rosliani Saragih Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31965/dtj.v4i2.975

Keywords:

CSI, BPJS, Dokter Gigi Keluarga, Mutu Pelayanan Kesehatan

Abstract

Dokter gigi keluarga merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut kepada peserta BPJS yang kepesertaannya terdaftar pada dokter gigi tersebut. Dari 7 dokter gigi keluarga yang menjadi fasilitas kesehatan TK 1 BPJS di Nusa Tenggara Timur, sebanyak 5 dokter gigi keluarga tersebut berada di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tingkat kepuasan pasien harus menjadi kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pengukuran mutu layanan kesehatan. Bila tidak sesuai dengan kebutuhan yang menjadi kepentingan atau harapannya,  maka  yang dirasakan  pasien  adalah ketidakpuasan. Customer satisfaction index (CSI) diperlukan untuk mengetahui kepuasan pasien secara menyeluruh dengan memperhatikan tingkat kepentingan masing-masing dimensi kualitas pelayanan, customer satisfaction index (CSI) memiliki keunggulan mudah digunakan dan sederhana serta menggunakan indeks kepuasan dengan skala yang memiliki sensitivitas dan reabilitas cukup tinggi. Metode CSI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada pasien BPJS di praktek dokter gigi keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui  kepuasan pasien BPJS di pelayanan dokter gigi keluarga di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan rancangan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan kesehatan gigi dan mulut dimensi kualitas pelayanan dengan menggunakan metode CSI pasien BPJS yang mendapat pelayanan dokter gigi keluarga di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur seperti jaminan (assurance) yaitu 88,44%, empati (empathy) yaitu 91,68%, kehandalan (reliability) yaitu 91,99%, daya tanggap (responsibility) yaitu 92,36%,  dan tampilan fisik  (tangible) yaitu 89,49% termasuk kategori Sangat Puas. Disarankan agar  Pelayanan Kesehatan gigi dan mulut kepada pasien BPJS di dokter gigi keluarga dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

References

Aulia, R., Adhani, R., Taufiqurrahman, I., & Hatta, I. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien BPJS di layanan primer Banjarmasin. Dentino: Jurnal Kedokteran Gigi, 2(1), 95-100.

Astuti, S. (2019). Pengaruh pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sentosa Baru kota Medan. Thesis. Medan: Institut Kesehatan Helvetia.

Hussain, A., Sial, M. S., Usman, S. M., Hwang, J., Jiang, Y., & Shafiq, A. (2019). What factors affect patient satisfaction in public sector hospitals: Evidence from an emerging economy. International journal of environmental research and public health, 16(6), 994. https://doi.org/10.3390/ijerph16060994

Sidabutar, M., Simamora, F. D., & Sidabutar, F. (2019). Patient satisfaction with the national health insurance scheme dental service in Kupang, East Nusa Tenggara. Journal of Indonesian Dental Association, 2(2), 75-80. https://doi.org/10.32793/jida.v2i2.406

Singh, A., & Purohit, B. M. (2017). Exploring patient satisfaction levels, self-rated oral health status and associated variables among citizens covered for dental insurance through a National Social Security Scheme in India. International Dental Journal, 67(3), 172-179. https://doi.org/10.1111/idj.12285

Sodik, T. (2016). Gambaran Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Umbulharjo II. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Yong, A. J., Mohamad, N., Saddki, N., Ahmad, W. M. A. W., & Alam, M. K. (2021). Patient Satisfaction Towards Dentist-Patient Interaction Among Patients Attending Outpatient Dental Clinic Hospital Universiti Sains Malaysia. Pesquisa Brasileira em Odontopediatria e Clínica Integrada, 21, e0123, 1-9. https://doi.org/10.1590/pboci.2021.041

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Manu, A. A., Obi , A. L. ., & Saragih, R. . (2022). Kepuasan Pasien Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Dokter Gigi Keluarga Menggunakan Customer Satisfaction Indeks . Dental Therapist Journal, 4(2), 69–74. https://doi.org/10.31965/dtj.v4i2.975