Literature Review: The Effectiveness of Using Video Media in Increasing Knowledge of Correct Tooth Brushing in Elementary School Children

Literature Review: Efektivitas Penggunaan Media Video Dalam Meningkatkan Pengetahuan Menyikat Gigi Yang Benar Pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Claudiati Claudiati Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Surabaya, Indonesia.
  • Endang Purwaningsih Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Surabaya, Indonesia.
  • Siti Fitria Ulfah Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Surabaya, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.31965/dtj.v3i2.594

Keywords:

Video Media, Knowledge of brushing teeth, School children

Abstract

Elementary school-age children still have the largest proportion of dental and oral health problems, one of which is caused by low knowledge about proper tooth brushing, knowledge can be increased through dental health education learning, including especially video media. The use of video media is considered to be able to increase the knowledge of correct brushing of teeth in elementary school children because it is able to display images and sounds so that children like it. The purpose of this study was to determine the effectiveness of using video media in increasing the knowledge of proper brushing of teeth in elementary school children. This type of research is a literature review. The search for journals was carried out in 2015-2020 on the Google Scholar, DOAJ, PubMed database in English and Indonesian. The results of this study showed an increase in student's knowledge after counseling with video media from the medium category to the good category so that research using video media was more effective. It can be concluded that the use of video media is effective in increasing the knowledge of correct brushing of teeth in elementary school children.

Anak usia sekolah dasar masih memiliki proporsi terbesar masalah kesehatan gigi dan mulut, salah satunya yang disebabkan oleh rendahnya pengetahuan tentang menyikat gigi yang benar, pengetahuan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran pendidikan kesehatan gigi termasuk khususnya media video. Penggunaan media video dinilai mampu meningkatkan pengetahuan menyikat gigi yang benar pada anak sekolah dasar karena mampu menampilkan gambar dan suara sehingga anak-anak menyukai. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video dalam meningkatkan pengetahuan menyikat gigi yang benar pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah literature review. Pencarian jurnal dilakukan tahu 2015-2020 pada data base Google Scholar, DOAJ, PubMed dalam bahasa inggris dan indonesia Hasil penelitian ini adanya peningkatan pengetahuan siswa/i setelah dilakukan penyuluhan dengan media video dari kategori sedang menjadi kategori baik, sehingga penelitian menggunakan media video lebih efektif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video efektif untuk meningkatkan pengetahuan menyikat gigi yang benar pada anak sekolah dasar.

 

References

Andriany, P., Novita, C. F., & Aqmaliya, S. (2016). Perbandingan Efektifitas Media Penyuluhan Poster Dan Videokartun Animasi Terhadap Pengetahuankesehatan Gigi Dan Mulut (Studi Pada Siswa/I Kelas V Sdn 24 Kota Banda Aceh). Journal Of Syiah Kuala Dentistry Society, 1(1), 65–72.

Astiti, N. K., & Fitriana, L. B. (2018). Menggosok Gigi Dengan Video Pembelajaran Pada Anak. Jurnal Kepeyarawatan Respati Yogtakarta, 5(2), 378–382.

Hanif, F., & Prasko, P. (2018). Perbedaan Pengaruh Penyuluhan Mengunakan Media Video dan Boneka Tangan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(2), 1. https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.3854 DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.3854

Kantohe, Z. R., Wowor, V. N., & Gunawan, P. N. (2016). Perbandingan efektivitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan media video dan flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak. E-GIGI, 4(2), 7–12. DOI: https://doi.org/10.35790/eg.4.2.2016.13490

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018 Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Luhulima, D., Degeng, I. N., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Anak Sekolah Minggu. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.

Megawati, R. R., Hartati, E., & Supriyono, M. (2016). Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual Oleh Peer Group Terhadap Pengetahuan Menggosok Gigi Kelas 4 Dan 5 Di SDN Kalicari 01 Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan (JIKK), 1(1), 1–11.

Mulyadi, M. I., Warjiman., & Chrisnawati. (2018). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Keperawatan STIKES Suaka Insan, 3(2), 1–9.

Nyoman, N., Puspita, R., Purwanti, I. S., & Juanamasta, I. G. (2019). Edukasi Film Terhadap Perilaku Menggosok Gigi Pada Anak Usia 6 - 8 Tahun The Film Education On The Behavior Of Brushing Teeth For Children Aged 6 - 8 Years. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 152–158.

Ongkong, B. (2019). Perbedaan Sebelum dan Sesudah Di Berikan Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuan Siswa/I Kelas 2 Tentang Menggosok Gigi Di SDN Serpong 2 Tahun 2016. Prosiding Seminar Nasional Humanis, 1(1), 93–99. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/5510

Prasko, P., Sutomo, B., Santoso, B., & Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang, D. (2016). Penyuluhan Metode Audio Visual Dan Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Menyikat Gigi Pada Anak Sekolah Dasar method of demonstration and audio visual, knowledge of brushing teeth. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 53–57. DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v3i2.1784

Shorayasari, S., Effendi, D. P., & Puspita, S. (2017). Perbedaan Pengetahuan Setelah Diberikan Pendidikan Kesehatan Tentang Menggosok Gigi Dengan Video Modeling. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(43–48), 43–48. DOI: https://doi.org/10.26553/jikm.2017.8.1.43-48

Saragih, A. Y. (2018). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Animasi Kartun Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Menyikat Gigi Pada Siswa/I Kelas Iv-B Sd Negeri 104219 Tanjung Anom Kec. Pancur Batu Apri. 53(9), 1689–1699.

Yanti, G. N., Raphaelli, S., & Natamihardja, L. (2015). Perbedaan Peningkatan Pengetahuan Antara Metode Ceramah dan Pemutaran Video Kartun Dalam Penyuluhan Kesehatan Gigi Pada Siswa Kelas II SD Bodhicitta Medan. Dentika Dental Journal,17(1), 10–13. https://jurnal.usu.ac.id/index.php/dentika/article/view/3149/1527

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Claudiati, C., Purwaningsih, E., & Ulfah, S. F. (2021). Literature Review: The Effectiveness of Using Video Media in Increasing Knowledge of Correct Tooth Brushing in Elementary School Children: Literature Review: Efektivitas Penggunaan Media Video Dalam Meningkatkan Pengetahuan Menyikat Gigi Yang Benar Pada Anak Sekolah Dasar. Dental Therapist Journal, 3(2), 58–65. https://doi.org/10.31965/dtj.v3i2.594