Media Edukasi Leaflet Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa/I Tentang Makanan Sehat Dan Bergizi

Leaflet Education Media On Students' Knowledge Level About Healthy And Nutritious Food

Authors

  • Cici Andayani Jurusan Kesehatan, Prodi Keperawatan, Politeknik Negeri Indramayu
  • Hanna Clarissa Simanjuntak Jurusan Kesehatan, Prodi Keperawatan, Politeknik Negeri Indramayu
  • Ismi Nurfajriyah Jurusan Kesehatan, Prodi Keperawatan, Politeknik Negeri Indramayu
  • Rhiska Ainul Zannah Jurusan Kesehatan, Prodi Keperawatan, Politeknik Negeri Indramayu
  • Rizqiyah Triyani Jurusan Kesehatan, Prodi Keperawatan, Politeknik Negeri Indramayu
  • Tania Mardatillah PJurusan Kesehatan, Prodi Keperawatan, Politeknik Negeri Indramayu
  • Suci Nurjanah Jurusan Kesehatan, Prodi Keperawatan, Politeknik Negeri Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31965/jks.v2i2.1636

Keywords:

Edukasi melalui leaflet, Pengetahuan gizi, Makanan sehat, Mahasiswa

Abstract

Latar Belakang: Gizi adalah ilmu yang mempelajari tentang makanan dan bagaimana hal itu memengaruhi kesehatan tubuh. Status gizi adalah keadaan tubuh yang dihasilkan dari konsumsi makanan dan zat gizi dalam jangka waktu lama. Metode: Dalam penelitian ini terdapat populasi terdiri dari mahasiswa Politeknik Negeri Indramayu yang belajar di jurusan Teknik Mesin, Teknik Informatika, dan Teknik Pendinginan dan Tata Udara. Sampel penelitian ini berjumlah 35 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain kuesioner dengan metode eksperimen dengan soal pre-test dan post-test tertutup. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi sebelum dan sesudah membaca leaflet. Dalam penelitian analisis data dilakukan menggunakan uji paired t-test. Hasil: Sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki (57,1%) dan dari jurusan Teknik Mesin (42,9%). Sebelum intervensi, hanya 5,71% siswa yang memiliki tingkat pengetahuan tinggi tentang makan sehat. Setelah intervensi, 94,27% siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan mereka yang signifikan (p<0,001). Dalam pengujian validitas chi-square menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik dengan nilai p sebesar 0,363. Pembahasan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi yang didukung oleh leaflet terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang gizi sehat. Media edukasi leaflet yang visual dan mudah dipahami, seperti leaflet ini, dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan. Kesimpulan: Intervensi edukasi berbasis Leaflet efektif meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang makanan sehat dan bergizi.  Informasi yang diberikan melalui leaflet dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan kebiasaan makan sehat bagi pelajar untuk hidup sehat.

Downloads

Published

2024-01-31

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.